Senin, 22 Agustus 2011

DAN OSMAN






Dan osman[11 pebruari 1963-23 november 1998]
Siapa sebenarnya dan osman?bagi seorang pemanjat tentu sangat tidak asing di dengarnya.kalau pun tidak,tentu di ragukan kepemanjatan tebingnya.
Dan osman merupakan inspirasi bagi pemanjat dunia.Ia adalah pemanjat dunia yang memiliki bakat yang luar biasa di kenal dengan gaya bebas"FREE SOLOING atau FREE SOLOING CLIMBING"Yaitu cara pemanjatan tanpa menggunakan alat bantu,baik beru tali/carmantel.mau pun peralatan rock climbing lainya..dalam dirinya terdapat darah india dan sedikit jepang.
Dia dan osman banyak memegang rekor dunia panjat.dia dipercaya untuk melatih marinir amerika serikat untuk latihan fisik dalam hal mountainering.dan juga karena skillnya itu dia juga sempat membintangi beberapa video rock climbing yang menyajikan free solo climbing.
Dia dan osman bahkan pernah di adu dengan seorang pemanjat handal di amerika yg lengkap dengan peralatan panjatnya,sedangkan dia tidak menggunakan alat pengaman sekalipun...al hasil hampir 200 meter dinding tebing dia selesaikan dalam waktu 5 menit,sedangkan pemanjat yang handal yg menggunakan peralatan perlu waktu 20 menit untuk menyelesaikannya.
Tragisnya dan osman meninggal pada 23 november 1998,setelah melakukan FREE PALL [Bunjee jumping].yang saat itu melakukan untuk yang kedua kalinya terjun bebas di Leaning tower di yosemite national park.
Investigasi yang di lakukan menyatakan bahwa pnyebab kematiannya adalah friksi pada tali yg digunakan karena perawatan yang kurang optimal dari pengaruh cuaca dan penggunaan.

Kini perjuangannya di teruskan oleh anaknya seorang wanita...
Selamat jalan dan osman...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar